TEMU LAPANG IKAGI 2009


Pada tanggal 24 - 25 Juli 2009 telah dilaksanakan Temu Lapang Ikagi di PT.GMP. acara ini di ikuti oleh sekitar 300 peserta yang datang dari berbagai daerah dan perusahaan di Indonesia.
Salah satu fungsi Ikatan Ahli Gula Indonesia (IKAGI) adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para anggotanya, dalam rangka menunjang peningkatan produktivitas gula maupun pengembangan industri hasil sampingnya.
sehari sebelumnya pada tanggal 24 juli 2009 para peserta disambut dan menginap di Hotel Marcopolo Bandar Lampung dan pada tanggal 25 juli 2009 peserta menuju PT.GMP.
Peserta dibagi menjadi 2 yakni peminat pertanian dan peminat Pabrik.

Para peserta disambut oleh General Manager PT.GMP, Kadep Plantation dan Kadep SBF serta jajaran petinggi Gunung Madu di LSTC.

Gambar diatas tempat kunjungan pertama yakni Photoperiode facility merupakan tempat pembungaan tebu dan penyilangan tebu yang akan menghasilkan banyak varian sehingga menghasilkan biji yang kemudian disemai menjadi bibit tebu. Sementara ini Photoperiode milik R&D Gunung Madu adalah satu-satunya di Asia. dari hasil Penelitian ini R&D Gunung Madu telah me-launching 2 varietas yakni GMP 01 dan GMP 02. para peserta cukup kagum dengan tempat ini.


Gambar diatas tempat kunjungan ke 2 peserta diajak melihat cara penyemprotan ZPK udara dengan pesawat terbang dan traktor. kemudian cara penanaman tebu, pemupukan dan irigasi.

Di tempat ke 3 para peserta diajak melihat cara pengolahan tanah, pemberian bahan organik. disini para peserta sangat kagum dengan hasil modifikasi implement milik Gunung Madu.

Di tempat kunjungan ke 4 para peserta diajak melihat cara perawatan tebu ratoon dari mulai riper, pemupukan serta irigasi. Setelah menyaksikan cara perawtan tebu ratoon para serta diajak melihat cara Penebangan Bundle Cane dan Pengolahan limbah (IPAL) milik Gunung Madu. pada tahap ini para peserta tidak turun dari Bus.


Di tempat kunjungan ke 5 para peserta diajak melihat sistem tebang dan angkut tebu loose cane sebelum dikirim ke pabrik. para peserta cukup antusias melihat angkutan loose cane ini. sistem angkutan ada 2 macam yakni dengan traktor dan mobel tronton atau head truck.
Stelah semua kegiatan temu lapang selesai kemudian para peserta berkumpul di GSG Perumahan II untuk Isoma.

di gedung ini para peserta berdiskusi dan tanya jawab mengenai temua lapang yang sudah dilaksanakan pagi harinya. Banyak para peserta yang mengajukan pertanyaan ke para narasumber (ir.Hi. SUtarto, Ir.Hi.Gunamarwan, Ir.Hi.Koko Widyatmoko & Alec kesaulya).
Acara ini berakhir sekitar jam 16.30 WIB. Para peserta cukup puas dan kagum pada PT.Gunung Madu Plantations.

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...