Sambutan Halal Bihalal Oleh Kadiv Area VII, Pak Yoga

Selamat malam, selamat datang, Ass Wb, Salam sejahtera bagi kita semua.Yang kami hormati Bpk HM Yusuf HS, Bpk H Dwi Basuki R, Bpk Suroyo beserta ibu, bapak  staf divisi area 7, 6, reset  beserta ibu, karyawan Divisi 7 beserta ibu, warga bedeng 7, dan adik2 putra putri kayawan yang saya cintai dan semua hadirin undangan yang saya muliakan,  marilah  kita panjatkan puji syukur ke hadirat Ilahi, Tuhan YME, karena dengan ridhonya, kita masih dipertemukan dalam keadaan sehat walafiat dalam acara Halal bi Halal di kantor div 7 yang kita cintai ini
Bapak, Ibu sekalian yang kami hormati, di malam  yang berbahagia  ini, langit diselimuti awan menambah semaraknya suasana pada malam hari ini. Beberapa hari yang lalu  air hujan masih mengguyur bumi kita ini, itu pertanda kita semua mendapat berkah, kasih sayang Tuhan Yang Maha Esa, karena  sebagai orang pertanian kita sudah sewajarnya merindukan datangnya air hujan, untuk pertumbuhan dan kesuburan tanaman serta dinginnya bumi yg kita injak ini.

Tetapi pada musim ini sangat berbeda dengan musim-musim sebelumnya dimana  hujan  hampir setiap hari, tentu hal ini juga akan berpengaruh pada proses pemanenan dan juga sangat berpotensi menurunkan kualitas tebu kita. Untuk itu mari kita memohon kepada Tuhan YME supaya cuaca lebih bersahabat untuk kelancaran panenan dan produksi perusahaan kita.

Bapak ibu sekalian, satu bulan yang lalu  dari tanggal 11 Agust – 9 Sept,  kita yang  melaksanakan ibadah puasa di bulan suci ramadhan, bulan yang penuh dengan hikmah, berkah dan karunia. Kalau kata pak ustad puasa adalah ibadah yang akan meningkatkan taqwa, meningkatkan kedekatan kita pada Tuhan Sang Pencipta, meningkatkan kepekaan kita terhadap sesama.

Dari semua ibadah yang dilaksanakan tentunya pada gilirannya kita dapat lebih berharap untuk senantiasa meningkatkan keimanan dan rasa persaudaraan.  Untuk dalam lingkup perusahaan dapat diharapkan juga untuk meningkatkan kinerja kita, sehingga dapat lebih bermanfaat baik untuk perusahaan, apapun posisi kita sebagai karyawan dan sebagai pribadi dalam lingkungan.

Kita berharap bersama, kalau silaturahmi sudah makin erat diantara kita, terutama dihati seluruh karyawan Divisi VII, maka kerjasama akan tercipta dengan baik dan proses penyelesaikan tugas pun akan cepat dan baik, hingga hasilnya akan menjadi lebih baik pula. Seperti harapan perusahaan, dan juga harapan kita bersama adalah sejalan yakni untuk semakin baiknya performa perusahaan. Untuk itu silaturahmi diantara kita harus terus tetap kita jaga dan ditingkatkan kualiatasnya.

Bapak, ibu perlu diketahui bahwa produksi sampai dengan hari ini tanggal 21 September 2010 : div 7 88.06 Tch, div I 87.93 Tch, div IV 89.11 Tch, GMP 86.48 Tch, produksi gula  142.808.30 ton. Sekarang kita masih punya Kira-kira 64 hari giling lagi, mudah-mudahan kalau cuaca mendukung dan Tuhan mengijinkan kita dapat berproduksi lebih dari 210 ribu mt ton. Sedangkan target awal perusahaan adalah 220 rb mt dan tahun ini kita sulit mencapai target awal tersebut akibat turunnya hujan sepanjang musim panen yang pastinya mengganggu pemanenan dan penurunan kualitas. Dan semua itu ada artinya, yakni tahun depan perlu antisipasi, lebih kerja keras lagi dan kerjasama serta doa untuk mencapai target dari perusahaan.

Kepada warga divisi VII, kepada para undangan yang saya hormati, malam ini kita berkumpul di acara Halal Bihalal,  kita diberi kesempatan dan kita menyempatkan diri kita untuk saling meminta maaf, saling legowo  memaafkan kesalahan teman – teman yang mungkin secara sadar atau tidak sadar dilakukan. Terima kasih juga kepada pimpinan  perusahaan yang selalu memberi ruang dan waktu yang luas dalam menjalankan kegiatan  ibadah agama secara baik.
Bapak ibu sekalian, adik2 yang saya cintai,  hampir setiap tahun kita melaksanakan acara halal bi halal di kantor ini, hal ini disamping memang niatan kita untuk menyelenggarakan acara seperti ini, juga merupakan anjuran, didukung  dan  didanai oleh perusahaan, yang semuanya itu tentunya bertujuan untuk lebih mempererat tali silaturahmi dan kebersamaan, menjaga hubungan yang baik antar sesama karyawan, pimpinan dan seluruh warga divisi 7 dan saudara kita di perumahan 6,
Bapak ibu sekalian, pada kesempatan ini saya pribadi dan keluarga, mewakili pimpinan perusahaan menyampaikan selamat Hari Raya idul fitri 1431 H, mohon maaf lahir batin.
Memang momen-momen seperti ini senantiasa kita nanti-nantikan setelah kita menjalankan ibadah puasa selama 30 hari. Momen inipun merupakan warisan budaya yang patut dilestarikan. Sangat tepat sekali jika Seorang budayawan terkenal Dr Umar Khayam (alm), menyatakan bahwa tradisi Lebaran merupakan terobosan akulturasi budaya Jawa dan Islam.
Kearifan para ulama di Jawa mampu memadukan kedua budaya tersebut demi kerukunan dan kesejahteraan masyarakat. Akhirnya tradisi Lebaran itu meluas ke seluruh wilayah Indonesia, dan melibatkan penduduk dari berbagai pemeluk agama.
Konon beritanya, di negara-negara di Timur Tengah dan Asia (selain Indonesia), tidak ada atau tidak umum tradisi berjabatan tangan secara massal untuk saling memaafkan seperti di negeri kita. Begitu pula Budaya sungkem di Tanah Jawa sehingga menjadi Budaya bangsa ini.
Dalam budaya Jawa, seseorang “sungkem” kepada orang yang lebih tua adalah suatu perbuatan yang terpuji. Sungkem bukannya simbol kerendahan derajat, melainkan justru menunjukkan perilaku utama. Tujuan sungkem, pertama, adalah sebagai lambang penghormatan, dan kedua, sebagai permohonan maaf, atau “nyuwun ngapura“.
Bapak ibu sekalian tahun ini tema kita hanya Halal Bi Halal saja Tema kita pada acara yang sama tahun lalu adalah   :“Bekerja Dalam Sinergi, Satu Prestasi, TCH Tertinggi” saya kira tema itu dapat menjadi tema abadi buat kita disini div 7. Mari  kita tingkatkan silaturami kita sesama karyawan dilingkungan div 7 khususnya dan GMP secara umum,   sehingga kita mengetahui dan memahami  tugas kita masing-masing dan tentunya saling menguatkan fungsi², dan berlomba-lomba untuk meningkatkan  potensi, kinerja, efektifitas, efisiensi yang pada gilirannya akan berujung pada peningkatan produktivitas dalam  hal ini TCH, TSH yang akhirnya akan dapat meningkatkan kesejahteraan kita bersama,  Amin.
Sebelum saya akhiri, terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak H M Suparman yang nanti akan memberi siraman rohani pada kita. Begitu juga kami  ucapkan terimakasih kepada seluruh warga di lingkungan Div 7, paguyuban ibu-ibu Div. 7 yang selalu saya repotkan jika ada acara seperti ini, seluruh panitya, Jasica D7 Community, Campur Sari Sapta Pesona Wong Pitoe, Redaksi Tawon dan semua pendukung acara ini.
Sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Wasalamualaikum wr wb
Divisi  7, 21 September 2010 I Gde Darmayoga

1 komentar:

KOMNAS PK-PU INDONESIA mengatakan...

MACAN.......DIVISI 7 SEDANG MENGAUM, HEBAT...!!!

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...